WORKSHOP PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MEMASUKI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PRESS REALESE

WORKSHOP PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19





Dalam rangka menyambut tahun pelajaran baru 2020/2021 MTs Negeri 2 Bandar Lampung pada tanggal 18 Juli 2020 menyelenggarakan Workshop pembelajaran pada masa Pandemi covid-19. Kegiatan ini mengambil tema: “Mewujudkan Guru Profesional di Era Pandemi Covid-19”. Acara yang berlangsung selama sehari tersebut dilaksanakan di Aula MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Acara dibuka langsung oleh Kepala MTs Negeri 2 Bandar Lampung bapak Tarmadi, M.Pd. dan menghadirkan Narasumber: Prof. Dr. Hj. Patimah, M.Pd.

Dalam sambutan tersebut Kepala MTs Negeri 2 Bandar Lampung mengatakan bahwa: Guru MTs Negeri 2 Bandar Lampung harus tetap produktif dan semangat untuk tetap mengimplementasikan proses kegiatan belajar dan mengajar walaupun saat ini dunia bahkan Indonesia masih terpapar oleh penyebaran virus Corona. Hikmah positif yang dapat diambil dari terjadinya wabah ini adalah: bahwa guru dan dunia pendidikan harus lebih produktif dalam menggunakan sumber, media dan metode pembelajaran berbasis digital/teknologi. Hadirnya beberapa teknologi dalam upaya membantu dunia pendidikan harus diapresiasi oleh guru, khususnya guru MTs Negeri 2 Bandar Lampung, Dengan kata lain guru MTs Negeri 2 Bandar Lampung harus tetap produktif dalam menjaga profesionalitas mengajar di era pandemi covid-19 ini, lanjutnya. Pada kesempatan itu juga Kepala MTs Negeri 2 Bandar Lampung menghaturkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Narasumber dan juga Dewan guru MTs Negeri 2 Bandar Lampung yang hadir pada kegiatan dimaksud. Sekaligus berharap apa yang disampaikan oleh narasumber (Prof. Dr. Hj. Patimah, M.Pd) dapat diikuti dengan optimal.

Sementara Narasumber (Prof. Dr. Hj. Patimah, M.Pd) melalui materi yang disampaikan dengan judul : mewujudkan Guru Profesional di Era New Normal. Pada kegiatan workshop ini dipaparkan tentang substansi penting tentang Profesionalisme guru yang tetap harus terjaga di era New Normal ini, menurut beliau. Narasumber (Prof. Dr. Hj. Patimah, M.Pd) yang juga merupakan Ketua Program Studi S.3 Manajemen PAI UIN Raden Intan Lampung secara detail menyampaikan tentang : dimensi realitas guru profesional di Era New Normal, Guru sebagai sebuah profesi, membentuk guru profesional, aspek kepemimpinan guru profesional, membangun komunikasi efektif dalam pembelajaran, dan juga membangun motivasi dalam mewujudkan profesionalitas guru. Semua content ini mendapatkan perhatian dan apresiasi oleh seluruh Dewan guru MTs Negeri 2 Bandar Lampung yang mengikuti workshop tersebut. Hal ini ditunjukkan oleh interaksi dan komunikasi peserta dengan narasumber yang begitu antusias. Bahkan Yuzi Fahrizal sebagai salah seorang guru yang ikut dalam workshop tersebut berharap ke depannya akan lebih banyak lagi kegiatan seperti ini yang dilakukan oleh MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Karena ini bagian dari upaya mengoptimalkan kinerja guru.

Setelah kegiatan workshop dilanjutkan dengan pelatihan pembelajaran berbasis e-learning di ruang laboratorium Komputer MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Pemateri pada kesempatan ini adalah: Bpk. Khalimi, S.Ag dan Muhammad Yusuf, S.Pd. Pada momentum kegiatan di atas juga MTs Negeri 2 Bandar Lampung melaksanakan pelepasan guru dan tenaga kependidikan. Adapun guru tersebut adalah Ibu Rahmawati, S.Ag. MM.Pd yang beralih tugas menjadi Kepala MIN 3 Bandar Lampung, Bpk. Maulana, S.Pd beralih tugas menjadi JFU di Kemenag Kota Bandar Lampung dan Ibu Dra. Hj. Nur Tjahjani TP, M.Pd.I, Ibu Mardiyah yang memasuki purna bhakti (pensiun). Kegiatan diakhiri dengan pendistribusian mata pelajaran kepada seluruh dewan guru oleh Ibu Dra. Rumiyati dalam rangka menyambut tahun pelajaran baru 2020/2021.

Sumber : Humas MTs Negeri 2 Bandar Lampung (TM, 18 Juli 2020)

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar